Anggota DPRD Garut Fraksi PDI Perjuangan Kunjungi Rumah Roboh di Garut Kota

0
Anggota DPRD Garut Fraksi PDI Perjuangan Yudha Puja Turnawan mengunjungi rumah rubuh di Kampung Galumpit RT/RW 005/025, Kelurahan Kota Kulon, Kecamatan Garut Kota, Selasa (11/06/2024).
Anggota DPRD Garut Fraksi PDI Perjuangan Yudha Puja Turnawan mengunjungi rumah rubuh di Kampung Galumpit RT/RW 005/025, Kelurahan Kota Kulon, Kecamatan Garut Kota, Selasa (11/06/2024).

GTN.COM, Garut – Anggota DPRD Kabupaten Garut Yudha Puja Turnawan menyempatkan diri mengunjungi rumah roboh milik Ibu Diah Rodiah, warga Kampung Galumpit RT/RW 005/025, Kelurahan Kota Kulon, Kecamatan Garut Kota, Selasa (11/06/2024) siang.

Yudha Puja Turnawan didampingi oleh Camat Garut Kota Rena Sudrajat, Lurah Kota Kulon Asep Ridwan, TKSK, dan pengurus RW. Kedatangan mereka bertujuan untuk mengetahui secara langsung kondisi rumah dan kondisi Ibu Diah, yang rumahnya ambruk akibat dimakan usia pada Senin (10 Juni 2024) pukul 15.00 WIB.

“Hari ini kita turun ke bawah. Ada berita dari warga yang menyebutkan kalau ada lansia yang rumahnya roboh di Kelurahan Kota Kulon,” ucap Yudha di sela kunjungan silaturahminya.

Menurut Yudha, ternyata memang rumah roboh ini milik orang lain tapi ditempati oleh janda Ibu Diah yang kebetulan kesehariannya membantu merawat almarhum suaminya, Pak Rahmat, yang meninggal dunia 8 bulan lalu. Pak Rahmat adalah salah satu aktivis Kabupaten Garut. Selain itu, Ibu Tuti, istri almarhum Pak Aat, juga tinggal di sana.

“Hari ini kita datang untuk meringankan beban kedua janda, baik Ibu Diah maupun Ibu Tuti, dengan memberikan uang dan beberapa paket sembako,” ucapnya.

“Tentu, kita juga berupaya jika Ibu Tuti memiliki tanah di daerah lain agar ada bantuan RST dari Kementerian Sosial RI atau Rutilahu. Jika Ibu Tuti tidak memiliki tanah, kita komunikasikan kepada Pemkab Garut, melalui PJ Bupati atau Pak Sekda, bagaimana adanya kolaborasi pendanaan, apakah dari dana CSR maupun dari pengumpul dana umat seperti Baznas untuk pembelian sebidang tanah,” tambah Yudha.

“Seperti Bu Diah agar beliau mempunyai tempat tinggal dan tidak menumpang seperti sekarang, dan ikhtiar itu kita upayakan ke Pemkab Garut agar ada kolaborasinya pendanaan,” jelas Yudha lebih lanjut.

Sementara itu, Camat Garut Kota Rena Sudrajat yang didampingi Lurah Kota Kulon Asep Ridwan mengungkapkan bahwa di wilayah RW 25 ini ada rumah roboh milik Ibu Diah yang kebetulan beliau menempati bangunan milik almarhum. Rumah tersebut roboh pada hari Senin kemarin sekitar jam 15.00 sore.

“Alhamdulillah, saya ucapkan terima kasih kepada Pak Yudha Puja selaku anggota DPRD Kabupaten Garut yang sudah peduli pada warga kami dan memberikan bantuan yang tentu juga mungkin bisa bermanfaat buat Ibu Diah dan keluarga,” ucap Rena.

Ia menjelaskan, “Alhamdulillah dari kejadian tersebut tidak ada korban jiwa, kebetulan pada kejadian rumah tersebut dalam keadaan kosong. Bu Diah sudah pindah sementara ke gedung almarhum karena memang kondisi rumahnya yang sudah sangat mengkhawatirkan, jadi telah diantisipasi,” Tutupnya. (Asopian)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here