Pembinaan Kepala Unit Satpol PP Garut, Wujudkan Satu Komando dalam Pelaksanaan Tugas

0
Pelaksanaan Silaturahmi dan Pembinaan kepada para Kepala Unit (Kanit) Satpol PP Kecamatan se-Kabupaten Garut yang berlangsung di Ballroom Hotel Tirtagangga, Jalan Raya Cipanas, Kecamatan Tarogong Kaler, Kabupaten Garut, Rabu malam (29/5/2024).
Pelaksanaan Silaturahmi dan Pembinaan kepada para Kepala Unit (Kanit) Satpol PP Kecamatan se-Kabupaten Garut yang berlangsung di Ballroom Hotel Tirtagangga, Jalan Raya Cipanas, Kecamatan Tarogong Kaler, Kabupaten Garut, Rabu malam (29/5/2024).

GTN.COM, Garut – Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Garut menyelenggarakan acara Silaturahmi dan Pembinaan bagi para Kepala Unit (Kanit) Satpol PP Kecamatan se-Kabupaten Garut, berlangsung di Ballroom Hotel Tirtagangga, Jalan Raya Cipanas, Kecamatan Tarogong Kaler, Kabupaten Garut, pada Rabu malam (29/5/2024). Selain ajang silaturahmi, acara ini bertujuan untuk meningkatkan sinergitas,

Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat (Pemkesra) Setda Kabupaten Garut, Bambang Hafidz, menyatakan bahwa kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka memperkuat pelaksanaan tugas-tugas Satpol PP, termasuk para kepala unit atau kepala seksi (kasi) ketentraman dan ketertiban (tantrib) di kecamatan.

“Ada dua fungsi yaitu sebagai kasi trantib dan sebagai kepala unit, saya kira ini harus lebih sinergi. Bahwa di kecamatan ya juga mempunyai fungsi yang sama dengan satpol kabupaten,” ucapnya.

Bambang berharap para kanit di kecamatan dapat memahami dengan jelas tugas, fungsi, dan kewenangan masing-masing. Ia juga berharap sinergi antara Satpol PP kecamatan dan kabupaten dapat terus terjalin dengan baik.

Kepala Satpol PP Kabupaten Garut, Usep Basuki Eko, menambahkan bahwa acara ini juga dikenal sebagai “jam komandan,” di mana para kanit dari setiap kecamatan berkumpul untuk menerima arahan dari pimpinan.

“Jadi kalau internal kami disebutnya jam komandan, jam komando. Barusan kita juga mengundang Pak Asisten 1, terus dari organisasi, terus dari BKD untuk kita sharing karena memang ini akan terkait dengan masalah organisasi termasuk masalah personil kepegawaian,” ucap Eko.

Ia menuturkan, tujuan dari kegiatan ini adalah untuk menyamakan langkah dan persepsi dalam pelaksanaan tugas, sehingga semua tugas dapat dijalankan dalam satu komando.

“Mereka kan dari tiap kecamatan, terus kita juga sangat menyadari mereka latar belakangnya beda-beda, berbeda-beda, karena kasi trantib bisa saja dulunya dari dinas mana, dari dinas mana bukan yang dibentuk khusus atau dari awal sebagai pol PP begitu,” lanjutnya.

Eko berharap setelah kegiatan ini para kanit dapat memahami gerak langkah yang harus dilakukan ke depan. Ia juga berpesan, sesuai arahan Pj Bupati Garut, Barnas Adjidin, bahwa Satpol PP Garut harus menjaga jiwa dan kehormatan korps.

“Artinya kita dalam melaksanakan tugas itu harus betul-betul sesuai dengan ketentuan karena kita adalah penegak hukum, itu mutlak seorang penegak hukum tidak ada kompromi kita harus tegas, garis lurus komando,” tandasnya. (Asopian)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here