Peringatan Hari Kebangkitan Nasional di Garut, Sekda Tekankan Penggunaan Teknologi dan Komitmen ASN

0
Pelaksanaan Upacara Peringatan Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) ke-116 tingkat Kabupaten Garut Tahun 2024 yang berlangsung di Lapangan Sekretariat Daerah (Setda) Garut, Jalan Pembangunan, Kecamatan Tarogong Kidul, Kabupaten Garut, Senin (20/5/2024).
Pelaksanaan Upacara Peringatan Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) ke-116 tingkat Kabupaten Garut Tahun 2024 yang berlangsung di Lapangan Sekretariat Daerah (Setda) Garut, Jalan Pembangunan, Kecamatan Tarogong Kidul, Kabupaten Garut, Senin (20/5/2024).

GTN.COM – Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Garut, Nurdin Yana, bertindak sebagai inspektur dalam Upacara Peringatan Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) ke-116 Tingkat Kabupaten Garut. Upacara berlangsung di Lapang Sekretariat Daerah (Setda) Garut, Jalan Pembangunan, Kecamatan Tarogong Kidul, Kabupaten Garut, Senin (20/5/2024).

Dalam pidatonya, Sekda Garut menyampaikan pesan dari Menteri Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Republik Indonesia, Budi Arie Setiadi, bahwa Indonesia kini memasuki fase kedua perjuangan nasional. Fase ini menekankan pentingnya teknologi informasi dalam perjuangan dan pembangunan bangsa, menggeser metode konvensional yang berbasis idealisme.

“Karena dengan teknologi insha Allah semua kehidupan akan kita raih. Hari ini bisa terbukti seperti kita ketahui. Maka atas hal itu saya mohon juga kepada rekan-rekan agar mereka bekerja itu dengan tidak boleh bekerja secara konvensional tetapi berbasis teknologi yang pertama,” ucap Nurdin.

Nurdin juga mengingatkan Aparatur Sipil Negara (ASN) untuk selalu mengaitkan tugas mereka dengan nilai-nilai ibadah dan memperbanyak catatan amal. Ia menekankan pentingnya bekerja dengan hati dan komitmen, tanpa tergantung pada pengawasan atasan.

Menurutnya, bahwa pekerjaan yang dilakukan merupakan sebuah bentuk komitmen sebagai ASN untuk mengabdikan diri kepada masyarakat, maka dari itu pekerjaan harus dilakukan dengan sebaik-baiknya.

“Harapannya, dengan memasuki fase kedua ini, kita bisa melakukan lompatan besar dalam memberikan layanan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” tandasnya.

Pada upacara tersebut, sejumlah penghargaan diberikan dalam berbagai bidang sebagai berikut:

*Kategori SKPD Pengelola Data Statistik Sektoral Tahun 2023 *
1. Dinas Pertanian (Kategori Baik)
2. Dinas Pendidikan (Kategori Baik)

*6 QUICK WIN SMART CITY GARUT 2024*
_*Smart Governance*_
GARUDA (Garut Satu Data) – Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Garut

_*Smart Branding*_
SERASI (Sinergitas Pengembangan Ekonomi Kreatif Berbasis Kolaborasi) – Dinas Pariwisata dan Kebudayaan

_*Smart Economy*_
Jawara Desa (Juara Wira Usaha Desa) – Dinas Koperasi dan UKM

_*Smart Society*_
PANDUMAS (Pelayanan dan Pengaduan Permasalahan Sosial) – Dinas Sosial

*Smart Living :*
Gerbang Cahayaku (Gerakan Bangun Cegah Kawasan Kumuh) – Dinas Perumahan dan Permukiman

*Smart Environment :*
Gerbang Raja (Gerakan Pembangunan Rakyat Sejahtera)/Strategi Peningkatan Kinerja Pengelolaan Persampahan – Dinas Lingkungan Hidup

*Pengelolaan Media Sosial SKPD Terbaik”
1. Satpol PP
2. Disparbud
3. Damkar

*Media Sosial Terinspiratif*
“Sketsaterapi”

*Pengelolaan Media Sosial Terbaik 2023*
“Garut Update”

*Pemanfaatan TTE*
Badan Kepegawaian dan Diklat (BKD)

*Penerbitan Sertifikat Elektronik untuk TTE (Tandatangan Elektronik) Terbanyak*
Dinas Kesehatan (Dinkes).

(A Sopian)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here